Senin, 23 Januari 2012

Mengukur Seberapa Kuat Password Yang Anda Buat


Sebelumnya saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2563 bagi kita yang merayakannya.Salah satu metode otentikasi di internet adalah password. Password memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga privasi kita. Sangat disarankan untuk menggunakan password yang kuat agar kita selalu aman dalam berselancar di internet. Lebih penting lagi gunakan password yang berbeda dalam akun-akun yang kita miliki. Hal ini akan menjaga jika salah satu akun kita dibobol orang akun yang lain tetap aman.


Kita bisa membuat password kuat biar lebih aman karena dengan password yang kuat merupakan perlindungan penting untuk bertransaksi transaksi online yang lebih aman. Dan selalu menggunakan password yang panjang dan kompleksitas, Semakin banyak kombinasi antara angka,huruf dan simbol itu semakin baik.
Oh ya, hidari pembuatan password dengan mengambil rumus rumus kamus bahasa, atau dengan memasukan tanggal lahir, no sim, no mobil, no motor, menggunakan angka berurutan misalnya 1234567 atau huruf berurutan abcdefgh, atau tombol qwerty. Bila susah untuk menghafalnya kita bisa gunakan kata yang panjang, sebuah kata yang mungkin bermakna bagi kita. Kita bisa memasukan dua atau tiga no di antara kalimat yang bermakna itu. Kita juga bisa menggabungkan kalimat yang bermakna itu dengan angka dan kode simbol !@#$%^&*&*()_+_+ atau apalah hehehe… ohya yang terakhir uji seberapa kuat password kamu, bisa lewat password account yang ada fasilitas kekuatan sandinya, seperti saat pembuatan account email yahoo atau gmail.
Pertanyaannya, bagaimana kita tahu password kita aman atau tidak? Untuk melakukan hal tersebut kita bisa gunakan layanan web gratis yang akan mengukur kekuatan password yang kita buat atau kita gunakan. Anda juga bisa menilat butuh waktu berapa hacker bisa membobol password yang kita buat. Jika Anda ingin mencobanya anda bisa membuka alat ini yang dapat digunakan untuk memudahkan penggunan untuk mengingat password menjadi lebih kompleks. Kebanyakan dari orang membuat password berdasarkan dari data diri sendiri atau hal-hal yang disenangi.
Hal ini dapat mudah ditebak oleh orang lain tetapi jika password berisi dengan berbagai jenis karakteristik seperti huruf besar, huruf kecil, dengan simbol atau menambahkan nomor yang mudah diingat maka kombinasi tersebut cukup untuk password tidak mudah ditebak.Jika Anda ingin mencobanya anda bisa mengunjungi : How Secure Is My Password?

Sebagai Contoh Coba Ketik :” ab3d5a12agih!/?][}{#$%^&*()  ” (tanpa tanda petik) di web tersebut maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :


Cukup ketikkan password di form yang tersedia maka sistem akan mengkalkulasi kekuatan password. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk meng-hack password Anda semakin bagus password anda.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Informasi Seputar Gadget Terkini . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates